Rabu, 20 Februari 2013

Tugas B. sunda



Milih Sakola

Milih Sakolah keur murid SMP nu bade ka SMA. Saban taun di bulan Juni-Juli generasi muda Indonesia yang ingin melanjutkan pendidikan selalu disibukkan dengan pendaftaran ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Dari SD ke SMP, SMP ke SMA, dan SMA ke Perguruan Tinggi. Biasanya, baik orang tua ataupun anak mengalami kebingungan, akan melanjutkan kemana setelah lulus? Inilah akibatnya jika tidak pernah dipikirkan jauh-jauh hari. Hidup itu tidak bisa hanya mengikuti kemana air mengalir, harus direncanakan dengan baik, begitu pula dengan pendidikan.



1.Mulailah melirik beberapa sekolah favorit anda sejak jauh- jauh hari.
Usahakan yang dekat dengan tempat tinggal kamu, ini demi kelancaran karena kalau jauh dari rumah kamu akan lebih capai, bangun harus lebih pagi, apalagi di perkotaan yang selalu macet. Bandingkan dengan sekolah lain karena untuk ukuran baik atau kurang baik itu harus ada pembanding.

2.Carilah informasi sekolah sebanyak-banyaknya
Carilah informasi tentang sekolah favorit di internet atau di buku- buku untuk mengetahui detail sekolah favorit anda. Jalan untuk mendapatkan informasi itu banyak sekali. Bisa lewat brosur, spanduk, iklan radio atau telepon ke sekolah. Atau bisa juga lewat alumni SMP yang sekolah di SMA/SMK. Cara ini lebih mengena dalam mendapatkan informasi karena alumni tersebut biasanya jujur dalam memberikan informasi. Jika sekolah itu baik dibilang baik dan sebaliknya jika jelek akan dibilang jelek. Tanyakan pada teman- teman anda yang sedang bersekolah di antara sekolah2 yang sudah anda incar sebelumnya, tanyakan informasi2 tentang sekolah teman anda tentang segala hal seperti fasilitasnya, mutunya, dan lain- lain yang anda anggap perlu untuk di tanyakan. Informasi yang banyak tersebut akan memberi banyak pilihan kepada kita dalam menentukan sekolah yang dipilih.

3.Kemampuan financial
Faktor ini sangat dominan dalam menentukan sekolah. Kenapa sangat penting? Karena biaya menjadi faktor kunci dalam kelanjutan studi. Jika biaya yang kita punyai tidak mencukupi maka akan terjadi pemutusan sekolah di tengah jalan, dan ini tentu tidak kita harapkan. Jika dana kita mencukupi untuk melanjutkan sampai perguruan tinggi maka SMA akan menjadi pilihan, tetapi sebaliknya jika dana tidak mencukupi maka SMK akan menjadi pilihan terbaik. Pilihlah jurusan yang menjanjikan

4.Perhatikan nama baik sekolah
Lihatlah bagaimana prestasi- prestasi sekolah2 favorit yang telah anda rencanakan, karena biasanya sekolah yang memiliki banyak prestasi pasti membimbing muridnya dengan baik dan profesionalitas yang tinggi sehingga menghasilkan lulusan terbaik.

5.Jajaran pengajar yang mumpuni.
Sebuah pendidikan memiliki tiga komponen yang tidak bisa dipisahkan satu sama lain, Guru, Siswa, dan Sumber Belajar. Dari ketiga ini, bagi saya guru adalah sentral pendidikan. Baik tidaknya siswa, sebagian besar dipengaruhi oleh gurunya. Oleh karena itu maka kita harus bisa memilih sekolah dengan jajaran pengajar yang baik.

6.Kegiatan ekstra kurikuler.
Mungkin menjadi penting juga untuk menanyakan ke pihak sekolah kegiatan apa saja yang disediakan di sekolah untuk pengembangan softskill peserta didiknya. Semakin banyak pilihan tentu saja semakin bagus bukan? Tapi juga biasanya juga berbanding lurus dengan biaya yang harus dikeluarkan. Maka melakukan screening minat dan kegiatan ekstra kurikuler bisa membantu memilih pendidikan yang tepat.

7.Cari informasi tentang cara pendaftaran
Jika sudah mantap dengan pilihan sekolah favorit anda, anda bisa mencari infomasi tentang bagaimana pendaftarannya. Lengkapi berkas- berkas pendaftaran sekolah favorit anda selengkap mungkin. Bersiaplah untuk menghadapi tes/seleksi, karena biasanya sekolah- sekolah favorit selalu di seleksi.

TINGGAL TRANSLATE GUYS ^0^)/
A.Munggaran IX-B

Tidak ada komentar:

Posting Komentar